CARA – CARA YANG MUDAH UNTUK MEMBUKA BISNIS KEDAI KOPI

CARA – CARA YANG MUDAH UNTUK MEMBUKA BISNIS KEDAI KOPI

Indonesia menjadi negara yang berpeluang besar untuk memproduksi kopi siap minum. Karena Indonesia memiliki produsen kopi yang berkualitas, dan ini menjadi peluang untuk bisnis warung kopi potensial.

Riset dari pusat data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian menyatakan bahwa yang mengkonsumsi kopi di Indonesia pada tahun 2016 – 2021 bertumbuh sebanyak 8,22% per tahun.

Meskipun bisnis kopi ini menjadi trend, tetapi peluang di bisnis ini akan terus terbuka selama permintaan kopi terus meningkat.

Langkah-Langkah Membuka Bisnis Kopi

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum benar – benar untuk turun ke bisnis kopi ini. Perhatikan hal – hal yang detail sebelum bisnis ini di mulai. Berikut cara – cara yang akan membantu anda membuka bisnis kopi, agar tidak salah langkah :

1. Menyiapkan Konsep Bisnis Usaha Kedai Kopis

Cara pertama yang anda lakukan sebeleum membuka bisnis kopi adalah membuat business plan yang matang. Kumpulkan pertanya – pertanyaan dari beberapa sumber dan anda jawab, contoh nya seperti kelebihan apa yang dimiliki bisnis kopi anda, siapa competitor anda, siapa target market anda.

Jangan lupa untuk memperhitungkan perkiraan modal bisnis kopi dan pendapatan yang di dapat. Persiapkan langkah – langkaj apa saja untuk menjalakan operasional anda, agar segala sesuatu nya itu tersusun dan tidak berantakan. Dari mulai cara anda mempromosikan bisnis anda, dan tujuan – tujuan apa  saja yang akan di raih.

Business plan ini bertujuan untuk membantu anda dalam berbisnis dan perkembangan bisnis anda lebih terarah.

2. Tentukan Target Market

Tentuka terlebih dahulu target market untuk bisnis anda, agar dapat menentukan konsep dan tema dari bisnis yang akan anda jalani. Dan menghitung anggaran yang perlu dikeluar kan.

Bila target market anda untuk kalangan milenial, anda menjual kopi – kopi yang kekinian, di lengkapi dengan beragam pastry yang menarik, tempat yang instagramabel karena milenial akan lebih suka dengan tempat yang aesthetic untuk di upload nya ke social media.

Jika target market nya untuk orang – orang kantoran yang melakukan meeting, maka menjual makanan atau minuman varian teh atau kopi, makanan ringan, tempat nya pun yang simple dan suasana yang tenang dan memiliki penerangan yang baik.

3. Mencari Tempat Yang Strategis

Penentu kesuksesan dalam berbisnis adalah tempat yang strategis. Cari dengan telitit dan modal yang keluarkan memang banyak untuk hal satu ini. Carilah lokasi yang banyak lewati oleh orang – orang atau kendaraan. Seperti daerah perkantoran atau sekolahan. Jangan lupa untuk perhatikan para calon pelanggan yang ada di lokasi tersebut, sesuai atau tidak dengan target market anda.

Lihat sekeliling lokasi tersebut, apakah kebersihan keamanan nya sudah baik dan benar atau belum. Karena bila lokasi tersebut kumuh dan tidak terurus orang tidak akan tertarik untuk berkunjung ke toko kopi anda. Semua ini memang terlihat rumit, tetapi ini untuk kenyamanan pelanggan anda.

4. Perhatikan Dekorasi Eksterior dan Interior

Dekorasi memang sebagai pelengkap sebuah ruangan, tetapi dengan ada nya dekorasi memberikan nilai tambah di mata pelanggan. Sehingga yang nongkrong di tempat kopi anda tidak jenuh dan bosan. Untuk mencari referensi dan inspirasi, anda dapat suvery ke toko kopi yang sudah sukses dan terkenal.

5. Memilih Barista yang Tepat

Pilihlah barista yang handal dan cekatan dalam membuat kopi, karena kualitas kopi lah yang membuat pelanggan akan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+